News Update :
Blog ini doFollow Loh !

Megenal 6 Jenis pageType Blogger

Senin, 04 Juni 2012

Memang sedikit membingungkan untuk sesorang yang belum mengetahui Jenis-jenis Halaman Blogger (pageType). Perlu di ketahui di posting kali ini saya akan menjelesakan Jenis-jenis pageType berserta fungsinya, tapi jika penjelasan saya tidak membantu anda? silakan saja tinggalkan komentar buat saya.
Apa itu pageType : Sesuatu yang memungkinkan Anda untuk menentukan bagian dari template Anda untuk menerapkan Script atau tidaknya, hanya dalam Halaman kondisi tertentu.

Scriptnya adalah seperti ini:
<b:if cond='ATRIBUD_DISINI'>
</b:if>
Hal ini terdiri dari <b:if> tag, dengan cond menambahkan atribut. Dimasukkan sebagai nilai cond atribut. Setiap (pembukaan) <b:if> tag harus ditutup dengan penutup </b:if> tag.

Pernah berharap Anda bisa menampilkan widget hanya di halaman tertentu, menyembunyikan sidebar pada halaman tertentu, menampilkan tombol yang berbeda pada halaman yang berbeda, atau menerapkan meta tag hanya untuk halaman yang dipilih? Nah, jika diterapkan dengan benar, tag pageType dapat membuat semua itu terjadi.

*Maca-Maca Jenis Bagian Halaman Blogger :
  • pageType Item : digunakan pada Halaman Post
  • pageType Archive : digunakan pada Halaman Arsip (Label "search/label/)
  • pageType Static_page : digunakan pada Halaman Statis (Laman "/p/")
  • pageType Index : digunakan pada Homepage dan Arsip
*Sedangkan pageType menurut data blog URL ada 2 :
  • page homepageUrl : digunakan pada Beranda
  • page blogUrl : digunakan pada Url yang ditentukan
*Pengertian
  1. pageType Item
    pageType item ini biasanya digunakan di Halaman Post
    Script nya akan seperti ini
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> KODE </b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType != "item"'> KODE </b:if>
    Fungsi dari kedua script diatas berbeda,
    Perbedan pertama "==" jika kita meletakan KODE diantara pembuka <b:if cond='...> dan penutup </b:if>, maka KODE akan berjalan di Halaman Post, Sebagai Contoh di Halaman Index saya, terlihat Widget Berlangganan RSS, dan pada Halaman Post tidak telihat sama sekali.

    kenapa bisa mengilang di Halaman Post saya? karena saya menerapkan script CSS diantara tengah-tengah b:if yang misalnya seperti ini
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <style>
    #HTML1 { display:none}
    </style>

    </b:if>
    sedangkan "!=" ini bisa berkerja di luar Halaman Post, Sebagai Contoh dimana blog saya pada Halaman Post terdapata Widget Label Cloud. Dan pada Halaman Index saya tidak ada sama sekali atau bisa dibilang menghilang,

    karena saya menaru script CSS diantara tengah-tengah b:if yang misalnya seperti ini
    <b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
    <style>
    #HTML2 { display:none}
    </style>

    </b:if>
    Dari kedua script di atas karena saya menerapkan script CSS jadi saya taruh sebelum kode </head>
  2. pageType Archive
    pageType Archive ini di gunakan pada Halaman Arsip atau bisa di bilang Halaman Label URL yang menyertakan Label misalnya
    http://namablog.blogspot.com/search/label/?&max-results=4
    dan Scriptnya seperti ini
    <b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'> KODE </b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType != "archive"'> KODE </b:if>
    fungsi dan perbedaan cara kerjanya sama dengan yang saya contohkan di pengertian pertama, cuma ini berkerja di Halaman Arsip (Label)
  3. pageType Static_page
    pageType Static_page ini di gunakan pada Halaman Statis bisa di pahami seperti Laman
    http://namablog.blogspot.com/p/nama_post
    Scriptnya seperti ini
    <b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'> KODE </b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType != "static_page"'> KODE </b:if>
    fungsi dan perbedaan cara kerjanya sama dengan yang saya contohkan di pengertian pertama, oh ya bukan KODE CSS saja yang bisa di terapkan, anda bisa melihat contoh di blog saya ini di Laman seperti Chat Box, Hubungi Saya, dan Tambah Link seperti yang anda lihat, saya menghilangka semua widget dan meruba tampilan postnya,
  4. pageType Index
    pageType Index ini di gunakan pada Halaman Homepage dan Arsip
    Scriptnya seperti ini
    <b:if cond='data:blog.pageType == "index"'> KODE </b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType != "index"'> KODE </b:if>
    fungsi dan perbedaan cara kerjanya sama dengan yang saya contohkan di pengertian pertama
  5. page homepageUrl
    page homepageUrl digunakan pada Halaman Beranda atau bisa dibilang Home blog anda,
    Scriptnya seperti ini
    <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> KODE </b:if>
    <b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'> KODE </b:if>
    fungsi dan perbedaan cara kerjanya sama dengan yang saya contohkan di pengertian pertama
  6. page blogUrl
    page blogUrl digunakan pada Halamn Blog Url ( Tertentu ) misalnya anda ingin menerapkan script di Url
    http://namablog.blogspot.com/2011/09/judul-postingan
    dan Scriptnya seperti ini
    <b:if cond='data:blog.url == "URL_DISINI"'> KODE </b:if>
    <b:if cond='data:blog.url != "URL_DISINI"'> KODE </b:if>
    fungsi dan perbedaan cara kerjanya sama dengan yang saya contohkan di pengertian pertama
Jika Anda ingin menentukan konten alternatif (bila kondisi salah), Anda harus memasukkan <b:else/> tag diikuti dengan konten KODE, seperti ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
KODE 1
<b:else/>
KODE 2
</b:if>
Anda dapat menempatkan di mana saja dalam HTML template Anda, kecuali dalam bagian atau di dalam kotak widget konten. Konten dapat div, section, style tag,, dan tag kondisional lain

Bagaimana penjelasana saya sedikit membingunkan bukan! mungkin tidak membingunkan jika kalau kita coba menerapkannya dan anda bisa menganalisa sendiri bagaimana cara kerjanya script-script di atas, SEKIAN Terimakasih

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Megenal 6 Jenis pageType Blogger. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Megenal 6 Jenis pageType Blogger
Share this article :

No Responses to "Megenal 6 Jenis pageType Blogger"

Posting Komentar

 
Chenkgelate - All right reserved
Chenkgelate dot com | Personal Blogging Free Sharing Inform
© Blogmaker | Chenkgelate 2011 - 2012
Copyright © 2011 - 2012 BlogKaryo - All rights reserved